Buka Jalur Transportasi di Talaud Bagian Utara, Kecamatan Gemeh Bakal Dibangun Satu Pelabuhan Feri

Buka Jalur Transportasi di Talaud Bagian Utara, Kecamatan Gemeh Bakal Dibangun Satu Pelabuhan Feri

Tim Peninjauan Lokasi Pembangunan Dermaga Feri di Wilayah Kecamatan Gemeh

Peliput : Frendy Sapoh 

GOSULUT TALAUD—Untuk mendukung program pembangunan “Nawacita” yang menjadi program andalan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud berhasil mendapatkan alokasi pembangunan sejumlah pelabuhan penyeberangan dari kementrian perhubungan, salah satunya pelabuhan feri yang akan dibangun di wilayah kecamatan Gemeh, Kabupaten Kepulauan Talaud. Jumat (31/7/2020)

“Ini merupakan hasil dari kunjungan kerja (kunker) bapak Bupati Kepulauan Talaud, dr. Elly Engelbert Lasut, ke Kementrian Perhubungan. Dari kunker ini, pak Bupati berhasil melobby 1 unit kapal feri dan pembangunan 1 unit dermaga feri yang akan di bangun di wilayah kecamatan Gemeh,” ungkap Yutson Ontorael, Staff Khusus Bupati Talaud Bidang Pengembangan Daerah Perbatasan dan Pedesaan.

Ontorael pun menambahkan, dirinya secara khusus ditugaskan Bupati Talaud untuk memastikan ketersediaan lokasi serta kesiapan masyarakat setempat dalam rencana pembangunan pelabuhan feri tersebut.

“Masyarakat sangat antusias, bahkan ada yang mau pelabuhan ini harus secepatnya di bangun. Untuk luas lokasi pembangunan yang akan rencananya akan digunakan, kurang lebih 1 (Satu) Ha (hektar area),” ungkap ontorael.

Menurut “YO” sapaan akrabnya,Pembangunan pelabuhan feri ini bertujuan untuk membuka akses masyarakat di wilayah Talaud bagian utara dari keterisolasian. “Terlebih khusus untuk pemasaran hasil produksi, juga memotong biaya operasional pemasaran yang hingga kini menjadi permasalahan di kalangan masyarakat di wilayah tersebut. Dan tidak kalah penting juga pembangunan pelabuhan feri tersebut untuk menyambung wilayah kepulauan yang ada di perbatasan,” tukas Yutson.

Masyarakat Kecamatan Gemeh, menyambut antusias rencana pembangunan pelabuhan feri yang akan dibangun tahun 2021 nanti. “Terus terang, kami sangat senang dengan rencana pemerintah untuk membangun pelabuhan feri ini. Karena selama ini kami merasakan perhatian pemerintah kepada kami masyarakat di wilayah Talaud bagian utara khusus di bidang transportasi masih minim. Untuk itu kami berharap agar pemerintah secepatnya dapat merealisasikan rencana pembangunan tersebut, tanpa perlu lama – lama,” ungkap Martinus, salah satu warga kecamatan Gemeh Kabupaten Kepuluan Talaud. (FS/YW)