BKM Permata Edukasi Warga Lewat Program Gerai Tukar Sampah

BKM Permata Edukasi Warga Lewat Program Gerai Tukar Sampah

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

GoSulut.ID - Kayumerah - Sampah sering kali menyebabkan lingkungan tidak sehat bahkan lebih parah lagi kalau sampah itu dibuang di sungai.  Untuk personal ini, kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik atau sejenis  masih terbilang kurang.

Maka untuk menimilasir tingkah laku masyarkat tersebut, Masyarakat Kelurahan Kayumerah Kecamatan Limboto, yang tergabung dalam Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Melaunching Program Gerai Tukar Sampah dan Peresmian Bank Sampah “Permata”. Minggu (14/07).

Koordinator BKM permata Yunus Isa memaparkan, bahwa selama ini sampah plastik dan sejenisnya dibuang sembarangan, bahkan dibuang di sungai biyonga. Berangkat dari pola masyarakat yang tidak sehat inilah BKM permata membuat bank sampah, dimana sampah bisa di tukar dengan barang kebutuhan sehari-hari.

“Masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena disini kami telah membuat Bank Sampah dan Gerai Tukar sampah. Nantinya sampah dapat ditukar dengan bahan pokok yang diperlukan dengan ketentuan sesuai jenis dan beratnya,"kata Yunus Isa.

Tujuan pelaksanaan pembangunan Bank Sampah untuk melanjutkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Gorontalo 2016-2021. Lewat arah kebijakan program Kotaku yakni penanganan dan pencegahan kumuh. Alhamdulillah dalam mengalakkan inovasi ini, kami menerima kendaraan viar dari dinas  sosial.

"Maka kedepan bagaimana memikirkan sistem pengelolaan gerai tukar sampah yang di rintis mahasiswa KKN, agar bisa berkembang dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi, sehingga hal ini menjadi tantangan,"Sambungnya.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat melaunching Program Gerai Tukar Sampah dan Peresmian Bank Sampah “Permata” itu sangat mengapresiasi. Kolaborasi warga yang tergabung dalam BKM dan mahasiswa KKN yang telah memikirkan keadaan sekitar.

"Orang yang ingin bekerjasama itu adalah  pemenang. Ini merupakan inspirasi yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah, kaca kunci kolaborasi ,"Sambungnya.

Pada masyarakat Nelson Pomalingo menghimbau, untuk memulai hidup bersih, dan tidak lagi membuang sampahn disungai.

“sampah dikeola dengan baik untuk mendatangkan nilai ekonomis,"himbau Nelson Pomalingo.***