"Besok" Penerbangan Efeketif Ke Melonguane, Pihak Bandara Dan Maskapai "bersih bersih" Apron dan Runway

"Besok" Penerbangan Efeketif Ke Melonguane, Pihak Bandara Dan Maskapai "bersih bersih" Apron dan Runway

GOSULUT.ID -TALAUD - Bersama dengan Petugas Aviation (AVSEC), Manajemen Maskapai Wings Air melakukan pembersihan Foreign Object Debris (FOD) Walk di Area Apron dan Runway Bandar Udara Melonguane. Sabtu (30/11/2019)

FOD dalam dunia penerbangan diartikan sebagai objek-objek atau benda asing yang berada di jalur  atau sekitar  pesawat  yang berpotensi menimbulkan kerusakan atau membahayakan keselamatan penerbangan. 

Kegiatan pembersihan FOD ini dilaksanakan sebagai rangkaian dibukanya kembali rute Penerbangan Wings Air dari Manado - Melonguane dan ke Miangas, yang pada besok hari (Minggu, 1 Desember 2019) akan mulai beroperasi dan mendarat di Bandara ini. 

Salah satu Staff Wings Air Melonguane Jefferson Tampil mengungkapkan hal ini dilakukan sebagai salah satu prosedur keselamatan penerbangan , karena besok pesawat ATR Wings Air akan mendarat di landasan ini  

"Wings Air akan Flight perdana di Bandara Melonguane setelah hampir dua bulan pelayanan kami off karena rute ini (Melong-Manado dan Miangas red) sempat di tutup. sehingga FOD Walk ini begitu penting dilakukan guna keselamatan penerbangan.,"ujar Jefferson. 

Jefferson juga menambahkan, selain Pembersihan FOD di Area Apron dengan memungut secara manual kerikil kecil yang bisa menggangu jalur pesawat, pihaknya juga membersihkan area sekitar dengan menggunakan sapu khususnya tempat turun naik penumpang pesawat. 

" secara manual kami bersihkan, kami pungut dan singkirkan beberapa kerikil dan menggunakan sapu lidi di area Apron,sedangkan untuk Runway bersama pihak bandara akan kami bersihkan sore ini," tutupnya kepada GOSULUT. ID.

Dari Data AIP (Airport Information Public) saat ini Bandar udara Melonguane memiliki runway sepanjang 1.400 Meter.(w4n)

EDITOR : WAN P