Bermitra dengan UNIPO, Kades Huyula: Dampak Positif Sangat Dirasakan Masyarakat

Bermitra dengan UNIPO, Kades Huyula: Dampak Positif Sangat Dirasakan Masyarakat

GOSULUT.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Huyula telah bekerja sama dengan Universitas Pohuwato (UNIPO) untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusunan Peraturan Desa (Perdes), Jum'at (12/08/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan pemberian wakaf Al-Qur'an oleh pihak Unipo kepada TPQ Desa Huyula, Kecamatan Randangan.

Program tersebut merupakan kemitraan masyarakat dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi tahun 2022 yang dipercayakan kepada fakultas hukum dan ilmu sosial politik UNIPO. Tim PKM ini terdiri dari Ketua Muhammad Rizal Lampatta, Anggota Herlina Sulaiman, Hasman Umuri, dan  Nasrullah. 

Tema pada kegiatan tersebut adalah "Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan BPD Dalam Penyusunan Perdes" yang di adakan dari Bulan Agustus - Oktober 2022, dengan harapan Pemdes Huyula dapat menghasilkan dua Perdes ditahun ini serta minimal satu Perdes setiap tahunnya. 

Kades Huyula Rustam Hulubangga menerangkan, bahwa desanya merupakan mitra fakultas hukum UNIPO sejak setahun lalu yang telah mengadakan MOU, selain itu juga telah melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum maupun mediasi sengketa tanah.

"Semenjak bermitra dengan pihak UNIPO dalam bentuk Desa mitra Binaan itu sangat positif dampaknya pada masyarakat. Hal ini telah diawali dengan adanya sosialisasi hukum oleh pihak UNIPO melalui fakultas hukum atau bantuan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu," tandasnya.***