Belum Terinput di E-RDKK, 9 Kecamatan di Kabgor Tidak Terdistribusi Pupuk

Belum Terinput di E-RDKK, 9 Kecamatan di Kabgor Tidak Terdistribusi Pupuk

GOSULUT.ID - DPRD - Pendistribusian Pupuk bersubsidi ke sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo masih terhambat.

Kecamatan - kecamatan tersebut adalah Telaga, Tibawa, Batudaa Pantai, Boliyohuto, Tolangohula, Bilato, Tabongo,. Mootilango, dan Biluhu

"Ini karena RDKK (Rencana Definitif Kelompok Tani) belum diinput," ujar Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie usai memimpin Rapat Dengar Pendapat dengan Mitra terkait, Senin (13/1).

Aleg PDI-P ini mengatakan, alokasi pupuk subsidi oleh pemerintah di tetapkan berdasarkan usulan RDKK yang diinput melalui E-RDKK berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) petani  dari kabupaten setempat dalam hal ini Kabupaten Gorontalo.

"Pupuk baru bisa disalurkan bila kabupaten kota telah menginput," katanya.

Padahal lanjut Espin, Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pertanian terkait pendistribusian Pupuk bersubsidi telah terbit sejak tanggal 2 Januari dan diikuti SK dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo tertanggal 3 Januari terhadap kuota pupuk di Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan keterangan dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, koordinasi telah dilakukan dengan intens dengan dinas dinas pertanian setempat agar pupuk bisa segera disalurkan.

"Kami dari komisi II mengingatkan agar koordinasi dan kolaborasi perlu dibangun," cetusnya.

Espin menambahkan kuota pupuk bersubsidi pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun 2019.

Bila tahun 2019 alokasi pupuk Urea sebesar 34 ribu, ditahun 2020 meningkat mencapai 45 ribu ton.

"Untuk ponska, dari 28 ribu ton pada tahun 2019,  tahun ini meningkat menjadi 50 ribu ton," tandasnya.

 

Editor: Harso Utiarahman