Banjir Bandang Melanda Kabgor, Gubernur Gorontalo Salurkan Makanan

Banjir Bandang Melanda Kabgor, Gubernur Gorontalo Salurkan Makanan

GORONTALO - GOSULUT.ID

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (RH) didampingi istri Idah Syahidah bersama sejumlah pimpinan OPD, menyerahkan bantuan makanan bagi korban banjir bandang di Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Jumat (5/11/2021). 

Banjir bandang di Kabgor terjadi sekitar pukul 16.30, Kamis kemarin disebabkan curah hujan yang tinggi. Banjir menyebabkan air di sungai Marisa, Alo dan Pohu meluap dan merendam enam kecamatan.

Banjir dilaporkan merendam 21 desa. Dan Daenaa menjadi salah satu terdampak parah akibat banjir bandang yang terjadi Kamis kemarin. 

Belasan rumah rusak dan dua orang tewas terseret banjir di Daenaa. Keduanya diketahui merupakan ibu dan anak. Jenazah anak laki laki berinisial A (9 tahun) sudah ditemukan sementara ibunya RJ (35 tahun) masih sedang dicari oleh tim Basarnas.

“Kebutuhan makanan saya kira saat sekarang yang menjadi vital. Mereka tidak sempat lagi memasak semua terendam air,” ujar RH.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan warga terdampak, Gubernur Gorontalo langsung menginstruksikan agar BPBD dan Dinas Sosial menyiapkan 3.000 bungkus makanan. Pelayanan kesehatan juga diitensifkan untuk membantu warga.

“Kita juga sudah mendirikan dapur umum yang dipusatkan di Makorem. Ini sebagai langkah awal tanggap darurat,” ujar RH.***