Bangunan SMA di Pinogu Akan Roboh, Aleg Desak Segera Ditangani

Bangunan SMA di Pinogu Akan Roboh, Aleg Desak Segera Ditangani

GOSULUT.ID - DPRD - Bangunan satu-satunya SMA yang berada di Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone bolango di minta untuk segera ditangani oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo karena kondisinya akan roboh.

"Bangunannya sudah amblas ke bawah dan akan roboh, makanya perlu ditangani sesegera mungkin," ujar Faizal Hulukati, usai Rapat kerja Gabungan Komisi 3 dan 4 bersama Dikbudpora dan dinas PU PR Senin (10/2/2020).

Ketua Fraksi PPP ini mendesak penanganannya harus dilakukan sesegera mungkin tanpa perlu menunggu tahun anggaran selanjutnya.

"Bila perlu tahun 2020 ini sekolah tersebut diprioritaskan penanganannya, jangan lagi nanti tahun depan," ungkapnya.

Ia mengatakan, salah satu alasan yang dikemukakan oleh Dikbudpora, wilayah Pinogu tidak termasuk dalam wilayah khusus yang ditetapkan oleh Kementrian Dalam Negeri.

Di Provinsi Gorontalo ada wilayah- wilayah yang masuk dalam kategori khusus seperti di kabupaten Gorontalo Utara dan Boalemo. 

Anggota Komisi III ini mengungkapkan, ada pemberlakuan didapat ketika wilayah yang ditetapkan Kemendagri masuk dalam kategori itu, seperti dari sisi pendidikan akan mendapat Suport anggaran bagi tunjangan guru yang mengabdi diwilayah tersebut.

Selaku aleg dari Daerah Pemilihan Bone Bolango, soal wilayah khusus ini juga akan menjadi perhatiannya dan akan diperjuangkan bersama anggota DPRD Provinsi.

"Nantinya akan mengajak Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk bersama-sama memperjuangkan status Pinogu di Kemendagri," terang Faizal.

Editor: Harso Utiarahman