Asni Menu Bersama Warga Minta Bupati Nelson Pomalingo Segara Copot Lurah Noldi Penturi

Asni Menu Bersama Warga Minta Bupati Nelson Pomalingo Segara Copot Lurah Noldi Penturi

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

GoSulut.Id - Limboto - Se-malam beberapa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda mendatangi rumah dinas bupati untuk mengadukan oknum kepala kelurahan, yang menurut mereka sudah melenceng dari tupoksi-nya.

Kedatangan warga disambut oleh Bupati Nelson Pomalingo. Dalam pertemuan ini, mereka menjelaskan apa-apa saja yang telah terjadi selama ini di Kelurahan Bolihuwangga.

Usai pertemuan dengan bupati, salah satu Tokoh Masyarakat yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, Asni U Menu, turut mendampinggi rakyat setempat melapor-kan lurah mereka suka berulah.

"Melaporkan Sang Lurah yang sering memprovokasi warga, sehingga masyarakat setempat terkotak kotak dengan perlakuan seorang pimpinan demikian," terang Asni Menu.

Warga yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama ini, meminta bupati mencopot Lurah Bolihuwangga, Noldi Penturi S.IP dari jabantannya, karena sering berkelakuan buruk terhadap bawahannya maupun pada masyarakat.

"Bahkan sering mengintervensi setiap bantuan yang masuk ke Kelurahan. Salah satu contoh kegiatan Badan Kesuwadayaan Masyarakat (BKM), yang anggarannya mencapai 2 M. Beliau seolah-olah menghalangi Kami dan tim dari pusat untuk melakukan uji petik di Kelurahan Bolihuwangga," kata Asni Menu.

Untuk dimintai tanda tangan oleh fasilitator Kecamatan. Lurah Noldi Penturi, menolak dengan alasan tidak mengetahui kegiatannya, ini kan lucu. Pada-hal jauh-jauh hari, telah kami sampaikan, tapi tak menresponnya," Sambung-nya.

Asni Menu mengaku, selama program yang masuk ke kelurahan, hanya Sekretaris Kelurahan (Seklu) yang selalu mendapingi tim, maupun masyarakat yang akan menerima program pemerintah tersebut.

" Sang Lurah Noldi Penturi, hanya mempertanyakan, jika pencairan dana apakah membutuhkan tanda tangannya atau tidak untuk berita acara. Sebetulnya Noldi Penturi, sudah tahu dana itu dicairkan langsung ke anggota BKM yang telah dipercayakan oleh masyarakt," ujar Asni Menu.

Jika permintaan warga tidak segera ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah, maka masyarakat akan menghentikan aktifitas kelurahan dengan cara menyegel pintu kantor kelurahan.

"Sudah cukup apa yang di lakukan pada kami. Siapa-pun penggantinya, kami siap terima selagi dia mampu mengayomi masyarakat," tegas Asni Menu.

Sementara Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, merasa senang dengan sikap masyarakat melaporkan ulah bawahan-nya yang sering melakukan tindakan tak sesuai, apalagi mempersulit masyarakat.

"Saya senang, bila masyarakat sering melapor bila itu berdasarkan fakta dan data, dan pengawasan masyarakat itu penting. Untuk menghindari, agar tidak menjadi fitnah, maka saya meminta masyarakat untuk melaporkannya secara tertulis agar ada pertanggung jawabannya." Tutur Nelson Pomalingo.

Hari senin, laporan tertulis sudah masuk dan akan segera saya perintahkan inspektorat untuk melakukan evaluasi.

”Jika evaluasinya tidak baik, maka kita akan tindaki, apalagi dia adalah PNS cepat sekali kita lakukan tindakan " jelas Nelson Pomalingo.***