Apresiasi Program Langit Biru, Espin: Perlu Dilanjutkan

Apresiasi Program Langit Biru, Espin: Perlu Dilanjutkan

GOSULUT.ID - Program Langit Biru ini merupakan program edukasi dan promosi untuk mendorong masyarakat menggunakan BBM yang ramah lingkungan sekaligus mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20 Tahun 2017 yang mengatur baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai upaya mengurangi pencemaran udara. Tentunya pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dapat dilakukan dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. 

Di Kota dan Kabupaten Gorontalo, program ini dimulai pada tanggal 14 Maret 2021 dengan memberikan harga khusus pembelian Pertalite seharga Premium Rp6.450,- per liter bagi konsumen tertentu diantaranya kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning.

Program langit biru oleh Pertamina tersebut, mendapat apresiasi positif dari Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie.

Menurutnya, program yang saat ini dalam ujicoba selama 6 bulan tersebut sangat baik untuk provinsi Gorontalo karena menyangkut hajat hidup orang banyak, dimana sangat berkaitan erat dengan kondisi lingkungan saat ini.

"Udara yang kita hirup ini kalau sudah tercemar maka aktifitas dan kegiatan yang kita lakukan tidak lagi menyehatkan. Ini perlu dipikirkan agar dilanjutkan ke kedepan agar lingkungan dan kualitas udara di daerah ini akan semakin baik," Tutup Espin.