DPRD Kabupaten Gorontalo Jayusdi Rifai : Aplikasi Android Untuk Kepetingan Para Petani Layak Di Daerah Ini

DPRD Kabupaten Gorontalo Jayusdi Rifai  : Aplikasi Android Untuk Kepetingan Para Petani Layak  Di Daerah Ini

Laporan Wartawan www.gosulut.id, Maman Ntoma

 

 

GoSulut.Id – Limboto - Sektor Pertanian di Indonesia dari masa kemasa masih menjadi ruang bagi rakyat kecil. Kurang lebih 100 juta jiwa, hampir separuh dari rakyat bekerja di sektor pertanian.

Maka begitu besar dukungan pemerintah melalui Kementrian Pertanian, melakukan berbagai upaya guna membantu para petani, supaya podasi kuat dalam mendukung ekonomi Indonesia.     

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, melakukan pembuatan aplikasi data pertanian android, ungkap anggota DPRD, Jayusdi Rifai usai melakukan studi konferatif di kabupaten/kota di Sulawesi Utara, senin (29/1)

Pengunaan Aplikasi Android itu, nantinya sangat cocok sekali di lakukan di Kabupaten Gorontalo di bawah Kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo, karena akan mempermudah pemerintah dalam mengontrol, semua kekurangan dan kebutuhan para petani di daerah, nanti-nya semua petugas di lapangan  akan menginput data, setiap kondisi di setiap desa di kecamatan masing masing, terutama kondisi pertanian.

”Apalagi Kabupaten Gorontalo begitu luas areal pertanian, maka sebetul-nya, hal demikian, sangat penting bagi daerah ini, karena menyangkut kebutuhan para petani di daerah” Jelas Jayusdi Rifai.     

Dengan penerapan aplikasi demikian, pemerintah bisa mengetahui setiap hari, baik itu mengenai ketersediaan pupuk, bibit di setiap Kecamatan, bahkan sampai segala kendala yang di hadapi oleh para petani yang membutuh-kan penyelesaian dari pemerintah.

”Aplikasi Android sementara dikembangkan di Provinsi Sulawesi Utara dan kami di undang untuk hadir launcing, mungkin aplikasi ini akan di komersilkan, agar bisa diikuti oleh daerah daerah lain” Kata Jayusdi Rifai.***