Anggota Komisi VII DPR-RI Fadel Muhammad Hadiri Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Anggota Komisi VII DPR-RI Fadel Muhammad Hadiri Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Maman Ntoma

 

 

 

GoSulut - Limboto - Mewakili Bupati Gorontalo, Asisten Perekonomian dan Pembagunan Drs.Astri Tuna menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto, Rabu (06/03).

Turut hadir Ir. Fadel Mohamad DPR RI Komisi VII, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sekretaris Jenderal Ketenagakerjaan Listrik Ir. Munir Ahmad, Para Camat, Kepala Desa dan Masyrakat Kelurahan Biyonga.

Usai peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan, Astri Tuna mengatakan, pemerintah daerah hanya menyahuti, apa yang telah menjadi usulan dari para camat pada pemerintah pusat, jadi apa yang menjadi kekurangan penerangan saat ini, telah di sampai-kan oleh para camat, lurah/kades di hadapan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

” Nanti-nya hal ini, akan di back up oleh pemerintah daerah, sebagai usulan dan menjadi bahan pertimbangan pemerintah pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, sebab aspirasi ini dari bawah, guna di perjuang-kan, sebab menjadi sebuah kebutuhan rakyat, tapi pemerintah berharap, agar penerangan yang  sudah ada saat sekarang harus di jaga” Jelas Astri Tuna.

Secara terpisah Anggota Komisi VII DPR-RI, Fadel Muhammad waktu di mintai tangapannya menjelaskan, apa yang sudah di dapat  saat ini yang berjumlah 100 titik , ternyata belum cukup, sehingga tadi kami rapat bersama 10 camat bersama dengan Dirjen Kementrian,di daerah Kabupaten Gorontalo masih membutuh-kan 120 titik lagi.

”Saya sudah konsultasi dengan Sekretaris Jenderal Ketenagakerjaan Listrik Ir. Munir Ahmad, tentang lokasi lokasinya dan apa yang di butuh rakyat kedepan. Demikian juga kebutuhan sumur bor, ada sekitar 40 titik lagi, perlu di perjuang-kan pada pemerintah pusat” Tegas Fadel Muhammad.

Hal senada di sampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sekretaris Jenderal Ketenagakerjaan Listrik, Ir. Munir mengatakan, banyak sekali desa desa di Provinsi Gorontalo, penerangan jalan-nya tidak ada, maka pemerintah lewat Dirjen EBTKE mengangar-kan melalui APBN.

”Tapi usulan-nya dari daerah, yang di inisiasi oleh Fadel Muhammad melalui Komisi VII DPR-RI,sehingga di Provinsi Gorontalo mendapat 300 titik lampu tenaga surya terbagi di kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo,” Kata Ir. Munir Ahmad.***