Ada Apa Dengan Embung Dumati ?

Ada Apa Dengan Embung  Dumati ?

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Ifan Cefer

 

 

 

GoSulut.Id -Limboto- Wisata embung yang terletak di atas tanah seluas 4 hektar milik pemerintah ini, memberikan suasana yang indah dan dan sejuk bagi Wisatawan yang ingin berkunjung di Desa Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.

Karena tempatnya dihimpit oleh gunung dan terdapat danau buatan atau biasa di sebut Embung Dumati,  menambah keindahan serta memiliki daya tarik tersendiri, apalagi tempat ini menyediakan 1 wahana Boat (Perahu) dan 3 pondok tempat beristirahat, hal ini yang disampaikan Kepala Desa Dumati  Kasmin Hasan

Lebih menarik lagi di tengah danau buatan juga disediakan Cafe Terapung bagi wisatawan yang ingin bersantai, maka tidak perlu repot repot membawa bekal karena di tempat itu juga terdapat pedagang.

”Destinasi Wisata Embung Dumati, selain letak geografisnya yang tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Gorontalo, akses jalan yang mudah, biaya masuk juga sangat terjangkau, tapi di larang membawa makanan dari luar, apalagi barang haram ” Jelas Kasmin Hasan .

Tempat Wisata  dibangun dengan Dana Desa sejak awal November dan baru di laundching oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada 1 januari 2019 itu mengangkat slogan “Wisata Halal”.

Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai motor penggerak lokasi wisata ini,  sejak Januari s/d Pebruari 2019  sudah di datangi ribuan jumlah pengunjung dengan pendapatan mencapai 60 juta, kata Kepala Desa Dumati  Kasmin Hasan dihadapan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo disela-sela pelaksanaan Kegiatan Kambungu beresi, minggu (24/02).

Menanggapi hal itu, Bupati Goronalo Nelson Pomalingo menaruh apresiasi, atas inisiatif masyarakat desa dumati khususnya bagi bumdes yang mengelola Wisata Embung Dumati itu.

"Patut diapresiasi, karena ide ini bisa dirasakan oleh warga desa dumati dan sekitarnya, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat " Ungkap Nelson Pomalingo.

Karena sesuatu ide atau gagasan yang lahir dan bermanfaat bagi orang banyak, memberikan kebahagian tersendiri bagi kita, hal demikian sangat mahal sekali, maka Saya berharap, agar pengelola menjaga lingkungan sekitar, guna kenyamanan dan kebersihan lingkungan yang merupakan idaman semua pengunjung.

"Maka seluruh masyarakat, baik pengelola maupun pedagang  harus maju bersama, menjaga  ekosistem yang sangat luar biasa, sebab berkembangnya sektor pariwisata dapat mendatangkan pendapatan peningkatan ekonomi masyarakat " Ucap Nelson Pomalingo.

Diakhir penyampainnya, Bupati Nelson Pomalingo, meminta pengelola Embung Dumati menyediakan Toilet, Tempat Sholat, Bank Sampah demi kebersihan lokasi serta khusus akses jalan agar dibuat Vaving Blok dengan menggunakan dana bumdes, tapi urusan aspal menjadi tugas pemerintah.***