Abdulah Diu : 38 CalonJamaah Bolmong Utara Harus Perkuat Niat Saat Berangkat Haji

Abdulah Diu : 38  CalonJamaah Bolmong Utara Harus Perkuat Niat  Saat Berangkat Haji

Liputan wartawan : Muchtar Harundja

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

 

GoSulut.ID - Boroko - Kementerian Agama Kabupaten Bolaang mongondow Utara gelar manasik haji dan umrah di kantor kementerian agama.

Dalam kegiatan tersebut yang memberikan materi Kasubag Tata usaha, Abdulah Diu,S.Ag, diawali dengan lafadz talbia.

Menurut  Abdulah Diu bahwa sebelum berangkat melaksanakan haji dan umrah, para jamaah harus adanya pembekalan seperti cara melafaz-kan Talbia.

”Dan istilah istilah dalam mengerjakan haji dan umrah seperti miqat, secara harfiah berarti batas. Dimana kita masuk melintasi batas tanah biasa dengan tanah suci, sehingga saat masuk ke tanah suci seluruh jamaah harus memakai pakaian ihram. Dan mengetuk pintu atau salam perbatasan yang dijaga oleh penghuni-penghuni surga dan di iringi dengan bacaan lafadz Talbia,” ucap Abdulah Diu.

Miqat dapat di bedakan atas dua macam yaitu miqat zamani  batas waktu yaitu kapan tanggal dan bulan apa ibadah haji. Tanda waktu atau waktu haji terletak pada bulan bulan tertentu yaitu pada bulan Syawal, bulan Zulkaidah dan bulan Dzulhijjah mulai dari tgl 1 Syawal sampai tgl 10 Dzulhijjah.

”Hal ini sesuai yang terdapat dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah 189 dan 197 dan miqat makani batas tempat yg berdasarkan peta atau tanah geografis. Tempat dimana seseorang mulai memakai Pakaian Ihram, guna melintasi batas tanah suci dan berniat mengerjakan haji,”Sambungnya.

Abdulah Diu mengatakan, kiranya jamaah belajar cara memakai pakaian Ihram dan niatnya. Terus berdoa meminta pada ALLAH SWT agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan niat yang benar.

”Jadi ketika kita melaksanakan ibadah haji, para Jamaah berjumlah 36 orang dari Bolmong Utara, hendaknya dibarengi dengan niat yang benar dan tak takabur serta selalu ikhlas mengerjakan ibadah hanya karena Allah SWT,”ucap Abdulah Diu.***